Tuesday 6 May 2014

Mengapa Mempelajari Teater


Ada banyak alasan yang mengemuka dalam mempelajari teater, empat hal yang paling populer adalah:

1.       Teater sebagai kemanusiaan dan seni kebebasan
Kemanusiaan dan kebebasan mengajarkan kita untuk memahami dunia dan memahami tempat dimana kita tinggal.

Teater kemudian menjadi cerminan dan turut memberi pengaruh pada pandangan masyarakat; sejarah filosofi, susunan sosial, asumsi yang bersifat teori, pandangan teater tentang kemanusiaan dunia dan alam, teater membantu mempelajari hidupnya dan hidup orang lain.

2.      Teater sebagai gerakan sosial
Teater adalah seni tiruan dari keidealan itu sendiri. Banyak teater yang berangkat dari kritisisme dari dunia yang sudah dianggap ideal, baik pada sistem birokrasi, sistem politik, sistem agama, sistem ekonomi, dan sistem sosial.

Teater menerima masa kelam yang panjang dari kaum agamawan, terutama di Eropa karena kritis pada sistem agama dan Tuhan (banyak naskah lama di Eropa Barat) yang memberi tiga hal dasar: pertentangan hubungan manusia dengan tuhan, kemajuan manusia merupakan kenyataan yang berbubah konstan; dan menempatkan konflik sebagai inti kehidupan.

3. Teater sebagai suatu gerakan dan kekuatan pribadi
-          Komitmen pribadi dalam persiapan sebuah pertunjukan
-          Kepuasan pribadi
-          Pembangunan dan pembentukan karakter
-          Kreativitas dan kritisisme
-          Pengalaman hidup pengembangan diri

4.      Teater sebagai bentuk seni
Menempatkan teater tidak sekadar pada objek pertunjukan, namun menjadi sesuatu yang menarik, dan letak seni saat kita alami dan amati dari elemen-elemen pembentuknya, teater sebagai  kombinasi dari berbagai bentuk seni.

No comments:

Post a Comment